Tahukah Anda apa itu bisnis E-commerce dan ingin tahu apa saja jenis-jenis bisnis E-commerce tersebut? Bisnis E-commerce ini adalah jenis bisnis online yang dapat dilakukan oleh siapa saja demi menjalani usaha dengan lebih mudah dengan bantuan jaringan internet yang tersedia. Seringkali tips jualan online ditujukan pada masing-masing jenis E-commerce, sehingga ada baiknya kita mengetahui berbagai jenis bisnis E-commerce yang sebelum menjalankan bisnis online.

Beberapa jenis bisnis E-commerce yang bisa Anda ketahui antara lain:

  1. Business-to-Businesss (B2B)

Jenis bisnis E-commerce yang pertama adalah Business-to-Business. Jenis bisnis E-commerce ini sering dijalankan oleh usaha pada perusahaan. Bisnis E-commerce jenis B2B ini banyak digunakan pada produsen maupun pedagang tradisional yang menjalankan usaha melalui media online. Penjualan menggunakan sistem B2B ini dilakukan proses pembelian barang ataupun jasa melalui email yang dikirimkan kepada pihak yang jualan online. Selain itu menerima konsultasi, tips, pengiriman, dan juga permintaan proposal bisnis yang dibutuhkan.

  1. Business-to-Consumer (B2C)

Jenis bisnis E-commerce kedua yang bisa diketahui adalah Business-to-Costumer atau B2C. Bisnis E-commerce jenis B2C ini terjadi antara pihak perusahaan dengan konsumen akhir yang membutuhkan produk yang dijual. Jenis bisnis E-commerce ini lebih mudah dan juga dinamis ketika dilakukan transaksi pembelian maupun penjualan produk. Bisnis E-commerce jenis B2C ini berkembang lebih besar dengan didukung website online yang membantu jualan produk secara online. Sehingga konsumen akan mudah membutuhkan barang dan jasa yang dibutuhkan.

  1. Consumer-to-Consumer (C2C)

Jenis bisnis E-commerce ketiga yang bisa diketahui adalah bisnis Consumer-to-Consumer. Bisnis E-commerce jenis C2C ini dapat didukung untuk menjalankan bisnis E-commerce. Transaksi melalui elektronik barang dan jasa ini meliputi antar konsumen. Tips paling jelas dalam jualan online di jenis ini adalah perlunya membangun kepercayaan terhadap pihak penjual. Adanya pihak ketiga dengan membuat website untuk menjual dan membeli produk barang yang akan dimiliki oleh konsumen. Sehingga antar konsumen bisa mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkan.

  1. Consumer-to-Business (C2B)

Jenis E-commerce lainnya yang juga bisa diketahui adalah Consumer-to-Business. Bisnis E-commerce ini dilakukan untuk pengembalian secara utuh atas transaksi yang dilakukan secara jual beli barang dengan cara tradisional. Biasanya bisnis ini dijalankan dengan dasar sumber daya yang dimiliki untuk mengupayakan bisnis online agar tetap berjalan dengan baik.