JAKARTA – Dalam dunia industri, alat berat yang digunakan seperti ekskavator, crusher, genset, dan dump truck yang dimiliki sebuah perusahaan tidak selalu dalam kondisi baru. Alat-alat berat tersebut dapat dibeli dalam kondisi bekas pakai dan ketika Anda diminta mewakili perusahaan untuk melakukan transaksi pembelian dengan perusahaan lain terkait alat berat. Di Jakarta, tidak akan sulit untuk mencari penyedia alat-alat berat dalam kondisi baru; banyak misalnya toko-toko genset Jakarta yang juga menyediakan alat berat bekas, yang biasanya sudah dalam bentuk refurbish. Tapi dalam membeli alat bekas, akan lebih baik jika Anda memperhatikan beberapa hal, seperti:

Kondisi kelayakan alat

Hal pertama yang perlu diperhatikan berhubungan dengan kondisi kelayakan alat. Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa diperhatikan, diantaranya:

Ø     Cab. Dalam sebuah alat berat berupa kendaraan, fitur cab membantu pengaturan tempat duduk operator agar terasa nyaman saat mengoperasikan kemudi. Posisi tinggi rendah tempat duduk, sandaran punggung, dan rem yang ada perlu dipastikan dalam kondisi baik.

Ø     Chassis. Ketika perusahaan meminta Anda untuk melakukan survey sebelum pembelian alat, pastikan dulu kondisi chassis alat berat yang diinginkan. Anda bisa memeriksa ada tidaknya kebocoran kompartemen, lokasi kunci, komponen hidrolik, pompa, dan bagian lainnya. Untuk alat seperti genset silent, ada baiknya memeriksa box juga sebagai satu komponen vital peredam suara..

Ø     Transmisi. Alat berat tidak akan bisa dikendalikan dengan baik apabila sistem transmisinya rusak. Oleh karena itu, pada saat membeli alat berat, pastikan kondisi sistem transmisinya dan suara mesin yang dihasilkan.

Ø     Hidrolik. Ketika membeli alat berat bekas pakai dari perusahaan lain, pastikan dulu kondisi hidrolik alat. Periksa ada tidaknya keausan pada sistem kompartemen pipa maupun sistem lainnya.

Ø     Kondisi ban. Salah satu aspek yang perlu dilihat saat membeli alat berat bekas berupa kendaraan adalah kondisi ban, Disini, Anda perlu memastikan tidak ada retakan, tonjolan, maupun baut trek yang hilang.

Lokasi perusahaan atau agen penjual

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah lokasi perusahaan penjual alat berat. Apabila Anda ingin menghemat budget pengeluaran dan aman dalam bertransaksi, pilih tempat penjual alat berat bekas yang ada di kota yang sama dengan perusahaan Anda. Jadi misalkan Anda ingin membeli genset, carilah di toko genset Jakarta yang juga menjual dalam kondisi bekas. Tapi jangan menutup kemungkinan juga untuk tetap mencari genset-genset baru sebagai perbandingan harga. Dengan cara ini, perusahaan Anda bisa melakukan survey alat berat secara langsung dan memutuskan benar-benar membeli alat bekas atau tidak. Selain itu, mengetahui lokasi penjual yang pasti akan membantu masalah penerapan perjanjian jual beli. Dengan sama-sama lokasi di Jakarta, misalnya toko genset Jakarta akan dapat cepat menyediakan servis untuk Anda.

Cara bayar dan garansi

Ketika sudah menemukan alat berat bekas yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan bagaimana cara bayar dan garansi yang diterapkan oleh perusahaan penjual. Anda bisa memilih dealing dengan sistem bayar cash setelah barang diterima dengan baik maupun sistem bayar angsuran. Namun demikian, saat Anda ingin merasa aman dalam bertransaksi, pastikan pula sistem garansi jangka waktu tertentu yang diberlakukan oleh penjual. Anda perlu memastikan pada pihak penjual, kondisi seperti apa yang memungkinkan klaim garansi produk. Dengan memperhatikan beragam hal diatas, Anda bisa terhindar dari masalah kerugian saat membeli alat berat bekas.